Header Ads

Jenis-Jenis Elastisitas

EKONOMI MIKRO

Tgl 30-11-2011
Jenis Elastisitas Permintaan Ada lima:

1. Permintaan elastisitas Uniter Ed = 1

Perubahan harga berbanding 1 terhadap jumlah barang yang diminta dalam arti lain permintaan akan berkurang jika harga naik maka permintaan akan turun dan sebaliknya.

2. Permintaan Elastisitas Elastis Ed = 1

Elastisitas ini perubahan perbandingan harga tidak sebanding dengan perubhan perbandingan permintaan. dalam elastisitas ini tidak ada keseimbangan sama sekali sehingga terjadi ketidak setabilan jika barang yang mimiliki sifat seperti ini mengalami kenaikan atau penurunan harga barang. Contohnya suatu barang mengalami kenaikan harga harga sebesar 15% maka permintan akan lebih besar dari jumlah penurunan tersebut bisa saja 20% lebih.

3. Permintaan Elastisitas InElastis Ed < 1

Elastisitas ini berarti bila harga berubah maka permintaan hanya berubah sedikit, misalnya harga naik 15% maka permintaan akan turun sebesar 10% atau kurang dari 15%.


4. Permintaan Elastisitas In-Elastis Sempurna Ed = 0

Dalam elastisitas ini perubahan harga tidak akan mempengaruhi perubahan permintaan, jadi sifat barang ini berapapun harga suatu barang tidak membuat barang tersebut diminta lebih banyak atau lebih sedikit.

5. Permintaan Elastisitas Sempurna Ed = ~

Ed = ~ artinya meski harga tetap, naik atau turun permintaan tidak berpengaruh tapi terkadang permintaan bisa naik meskipun nargai naik atau tetap atau juga turun.

Related Search :

No comments