Header Ads

MUSIBAH MENJELANG RAMADAN MELANDA PENDUDUK DESA NATAM

Natam, 06 Mei 2019



Beberapa bulan yang lalu musibah banjir bandangpun berhasil membuat penduduk desa Natam dan Natam baru harus menjauhi Daerah Aliran Sungai Natam, namun beberapa warga yang rumahnya masih dalam kondisi baik, kembali mendiami rumah tersebut, sebut saja Abdussalam, Mera Darma, Jamudin, Hamdani Aceh, ZulKipfli dan Akbar Antoni, resiko yang mereka harus alami pun tak lagi dapat di hindari yakni setiap kali hujan mengguyur desa Natam maka sungai Natam selalu pasang dan membawa tanah, krikil bahkan kayu bisa jadi kerumah warga yang belum rusak. Menurut Keterangan warga, rumah yang tadi malam terkena banjir sudah di bersihkan pada pagi dan siangnya, malam kembali terjadi hujan dan sungai natampun kembali menggenangi rumah yang baru saja di bersihkan. Secara ekonomi meskipun tidak membuat barang mereka rusak tapi mereka harus menghabiskan waktu mereka 2 (Dua) sampai dengan 3 (tiga) hari untuk membersihkan rumah mereka dari lumpur.



Jembatan Natam yang tak lagi berjarak dengan dasar sungai menjadi penyebab utama meluapnya air ke jalan dan kerumah warga yang tidak jauh dari sungai tersebut. Pemerintah provinsi Aceh dalam hal ini juga terlihat berencana untuk merenovasi jembatan tersebut meskipun proses ini tidaklah semudah membalikkan telapak tangan, masih banyak yang harus dipertimbangkan sebelum membuat jembatan ini seperti pelebaran lokasi jembatan dan jalan, analisis ketahanan tanah sekitar jembatan dan biaya yang akan dikeluarkan menurut seorang pekerja yang kami temui di lapangan sebagai anggota Tim Perencanaan Pembangunan Jembatan Natam.

Terlepas dari semua diatas masyarakat sangat kecewa dengan respon pemerintah Kabupaten Aceh Tenggara (Agara) sangat lambat dan membuat masyarakat berang dengan sikap ini, terlihat memang menurut pantauan kami sampai 06 Mei 2019 tidak ada alat berat yang turunkan pemerintah guna memperbaikan jalur air sungai Natam, sampai berita ini dipublikasi air masih mengalir diantara rumah warga dan masjid Alhasanah Desa Natam, bukan di jalur sungai tersebut biasanya.

Dalam Kejadian ini tidak ada korban jiwa, kerugian material yang di derita wargapun  bisa terbilang sedikit mengingat tidak banyak lagi warga yang memiliki rumah di daerah sekitar sungai ini. 

PENULIS

KANDI IRAWAN

| Terima Kasih Telah Membaca Postingan ini dan                    |
| Jangan Lupa Untuk mengikuti Sosial Media Kami               |
| FB dan IG: @KutacaneOnline atau                                       |
| https://id-id.facebook.com/KutacaneOnline/                         |
|Youtube : Virgoboys ID                                                          |


No comments

Kami siap menerima kritik dan saran dari anda !