Header Ads

Ngekhane Adat Alas - Kabupaten Aceh Tenggara

Kutacane, 5 Agustus 2017


Kabupaten Aceh Tenggara atau sering juga disebut dengan Tanoh Alas atau Tanah Alas memiliki tingkat kemajemukan yang tinggi dimana hampir setiapa suku di Indonesia ada di kabuapaten Aceh Tenggara, walaupun mayoritas penduduk di Kabupaten Aceh Tenggara ada tiga suku Yaitu Suku Alas, Suku Gayo dan Suku Batak, Kabupaten Ini juga di kenal dengan sebutan Aceh Batak dimana bahasa yang digunakan sangat berbeda dengan kebanyakan bahasa yang terdapat di Aceh, kalau kita dalam ternyata Bahasa Alas Lebih dekat dengan bahasa tetangganya yakni suku Karo yang ada di Provinsi Sumatera Utara, Jadi tidak begitu aneh Jika Adat dan Kebudayaan Alas sedikit mirip dengan budaya suku yang berada di Provinsi Sumatera Utara.

Ngekhane adalah Seni berbicara dalam budaya alas yang biasanya di terapkan pada acara pesta, dalam ngekhane terdiri dari dua orang atau lebih pembicara yang saling bersahutan, unik ngekhane hampir sama seperti balas pantun di Adat Melayu. isi ngekhane ini pun bisa beragam bisa kritikan, nasehat, dll.

Contoh dari ngekhane adalah sebagai berikut.


Keyword
- Ngekhane Adat Alas, Adat Pemamanan
- Peraturan Nikah dalam Adat Alas
- Peraturan Sunat Rasu (Senat) Adat Alas
- Peraturan Ngampekan Adat Alas
- Adat Istiadat Kabupaten Aceh Tenggara


Posting Berkaitan....

2 comments:

  1. Mantap sinak, budaya alas harus di bumikan kembali agar generasi setelah kita tahu bahwa mereka aadalah orang alas, tidak cukup sampai disitu tapi mereka bisa mengaplikasi nilai-nilai positi dalam berbudaya dalam kehidupan sehari hari.
    salam Aceh Tenggara Jaya

    ReplyDelete
  2. Patigon and Mukti Juhari from Natam, Kecamatan Badar Kabupaten Aceh Tenggara.

    ReplyDelete

Kami siap menerima kritik dan saran dari anda !