Header Ads

Cara Input Nama Kepala Sekolah Pada Web Guru PAI 2020 | Kutacane Online

Dunia Maya, 20 Oktober 2020 (Kutacane Online )



Seperti biasa menjelang pencairan dana Sertifikasi Guru Pendidikan Agama Islam ( PAI), guru di wajibkan dengan beberapa tugas yang menjadi kewajiban seorang guru kepada pemerintah, salah satunya adalah dengan meng-Update data emis guru pai pada website http://emispendis.kemenag.go.id/emis_pai.

Kendalanya kalau sudah berkaitan dengan IT, guru kebanyakan memberikan tugas ini kepada orang lain baik pegawai Kemenag Kabupaten/ Kota ataupun Petugas Operator sekolah mereka masing-masing. Padahal menurut peninjauan isian pada halaman website tersebut diatas tidaklah sulit kita hanya butuh berkas sebagai acuan pengisian dan mengirim bukti bahwa isian kita sudah sesuai dengan bukti fisik yang ada di lapangan.

Apakah Updating Data Emis bisa dilakukan dengan hanya menggunakan Smartphone?

Tentu saja bisa, karena smartphone sekarang ini sudah memiliki kemampuan yang bisa menandingi komputer, jadi wajar kalau banyak pakar mengatakan bahwa smartphone adalah komputer dalam genggaman.

Apa saja kendala ketika menggunakan smartphone?

Sebenarnya jika kita belajar dan mau mencari dalam bahasa kerennya googling kita bisa menemukan berbagai macam aplikasi yang bisa mempermudah pekerjaan kita. Dalam hal Updating data emis ini contohnya, banyak teman-teman menconversikan/mengubah jenis file jpg ke Pdf, belum lagi urusan besaran file yang di terima oleh website emispendis.kemenag.go.id yang hanya bisa menampung maksimum 500 kb saja.

Mana Lebih mudah menggunakan Laptop daripada Smartphone ?

Dalam hal melakukan updating data emis, menurut saya jauh lebih mudah menggunakan Laptop, selain tampilan yang lebih besar sehingga kita bisa melihat dengan detail, di laptop/PC juga memiliki tool yang beragam bisa kita manfaatkan untuk mempermudah pekerjaan ini, seperti Microsoft Office Picture Manajer yang bisa kita manfaatkan untuk memperkecil ukuran file gambar yang kita ambil dari smartphone kita, rata-rata ukuran filenya 2-5 Mb.  Jika halamannya lebih dari satu, biasanya saya menggunakan MP Navigator yang merupakan software bawaan printer plus scanner milik Canon.

Kesimpulannya apapun perangkatnya akan mudah jika kita bisa memahami cara kerja perangkat tersebut dan jangan lupa untuk terus meng-update pengetahuan kita terkait IT. ( By. Kandi irawan)



| Terima Kasih Telah Membaca Postingan ini dan                    |
| Jangan Lupa Untuk mengikuti Sosial Media Kami               |
| FB dan IG: @KutacaneOnline atau                                       |
| https://id-id.facebook.com/KutacaneOnline/                         |
|Youtube : Virgoboys ID                                                          |


No comments

Kami siap menerima kritik dan saran dari anda !