Header Ads

Pemkab Aceh Tenggara Membagikan Bantuan Bibit Kakao Kepada Petani

Kutacane, 16 Agustus 2012

Pemerintah Kabupaten Aceh Tenggara, (Aceh) membagikan bantuan berupa bibit kakao kepada petani yang berjumlah sekitar 3,6 juta bibit. Bantuan ini ditujukan untuk meningkatkan perekonomian masyarakatat dan mensejahterakan petani.

Bantuan bibit yang pengadaan menggunakan Anggaran Perbelanjaan Kabupaten (APBK) Aceh Tenggara tahun 2011 ini disalurkan melalui kelompok tani yang tersebar di 16 kecamatan. Bibit bantuan ini memiliki kualitas unggul dan tergolong cepat berbuah yakni sekitar satu tahun setelah ditanam.

Bupati Aceh Tenggara mengharapkan penyaluran bibit kakao itu oleh petugas di lapangan jangan salah sasaran. Kepada petani penerima juga diminta untuk mempergunakan sebaik mungkin dan menanam pada lahan layak dan telah dibersihkan lebih dulu.

Hasanuddin Darjo Ketua Forum Kakao Provinsi Aceh dan Juga Sebagai Sekdekab Aceh Tenggara mengatakan tingkat minat petani menanam kakao di Aceh Tenggara dalam tiga tahun terakhir semakin meningkat. Sekarang luas kebun kakao di kawasan setempat sudah mencapai 25.000 hektare (ha).


Selain itu Ketua Organisasi Gemma Agara mengatakan bahwa kebijakan pemerintah ini sangat bagus sekali bila memang dengan tujuan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat dan mensejahkan petani yang khususnya yang berkecimpung di Bumi Sepakat Segenep ini yang terkenal dengan hasil bumi yang melimpah dan subur sehingga bisa dikatakan sebagai wilayah agraris, tapi sangat di sayangkan ketika dilapangan banyak masyarakat yang masih kurang pengetahuan mengenai kakao dan perawatan, selain itu juga banyak masyarakat yang menanam kakao pada pegunungan yang tupografinya terjal yang di takutkan akan bisa menimbulkan bencana banjir dan tanah longsor, karna pada umumnya panjang akar dari permukaan bumi kedalam tanah tidak jauh beda dengan panjang tanaman tersebut dari permukaan tanah hingga pucuknya, sehingga bisa dibayangkan seberapa mampu tanaman kakao ini nantinya untuk mengikat tanah. Pada intinya butuh kerja keras pemerintah lagi untuk mensosialisasikan dan member arahan kepada masyarakat mengenai tanaman kakao yang berkualitas bukan hanya kuantitas.



Posting By: KANDI IRAWAN
Related Search

Kutacane, Kutacane online, Aceh Tenggara, Agara, Badar, Lawe Alas, Tanoh Alas, Babussalam, Bambel, Lawe Bulan, Ketambe, Lawe Dua, Alas river, sungai alas, Gunung leuser, leuser mountain, Aceh, indonesia.

No comments

Kami siap menerima kritik dan saran dari anda !