Header Ads

DHGTK V2 - CARA MENCETAK SPTJM DHGTK DAN CONTOHNYA

Sekarang ini DHGTK sering lemot ya sobat, ini karena kemampuan server web Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan (DHGTK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI lagi-lagi ramai-ramainya di akses, bagi kalian yang bergeliat di dunia pendidikan polemik ini pasti sudah paham betul, ini dikarenakan semua operator / kepala sekolah mengakses website ini untuk mengisi kehadiran guru mereka. ada sebagian yang mengisi 2 bulan sebelumnya dan ada juga yang mengisi bahkan 4 bulan sebelumnya, hanya sebagian kecil saja ternyata operator / kepala sekolah yang mengisi DHGTK setiap hari. (Penulis Juga Operator di sekolah juga lho hehehehehe )


Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan (DHGTK)
Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan (DHGTK)

Setelah kemunculan aplikasi ini semua guru pada takut kepada operator, kenapa? karna takut DHGTK mereka tidak diisi oleh operator dapodik. tapi karna kendala kurangnya tenaga yang terampil dalam melaksanakan tugas berat ini ataukah kekurangan sarana dan prasarana yang dimiliki sekolah akhirnya DHGTK hanya terdengar sewaktu mengurus berkas sertifikasi, seharusnya setiap hari jadinya hanya tiga bulan sekali, bahkan ada para guru yang tidak tau dengan Kepanjangan dari singkatan DHTGK, alamat... udah gawat pendidikan kita, yang serba tau siapa jadinya, ya operator, operator di sekolah bak superman yang siap membantu kapan saja dimana saja tentang data guru meskipun mereka mendapatkan gaji yang belum tentu sesuai dengan tenaga yang mereka korbankan Eit... bukan karna aku operator juga lo ya...hihihihi

Ok.. lah kita akan pelajari langkah yang harus temen-temen lakukan untuk mencetak SPTJM DHGTK,

1. Bukan di browser alama http://hadir.gtk.kemdikbud.go.id/v.2/ kemudian isikan Form loginnya dan klik Sign In.
2. Setelah masuk ke tampilan utama yang harus di kerjakan adalah melengkapi data Operasi sekolah terlebih dahulu.

Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan (DHGTK)
Input Operasi Sekolah - DHGTK

Khusus untuk mengisi jam perpindahan Les silahkan menggunakan tombol tab pada keyboard.

3. Setelah Selesai mengerjakan yang diatas selanjutnya yang kita lakukan memastikan apakah guru dan tenaga kependidikan telah di absen sesuai dengan kalender pendidikan dan kehadiran mereka jika masih ragu silahkan cek satu persatu pada menu Entri Kehadiran, di menu ini kita bisa menghadirkan guru-guru yang belum tercentang kehadirannya.

4. Setelah yakin telah mengisi kehadiran guru dan tenaga kependidikan dengan benar, maka langkah selanjutkan dengan mengklik SPTJM. Isikan informasi yang diminta dengan teliti lalu kemudian simpan (Bagian ini hati-hati karna setelah menekan tombol simpan maka SPJM akan terkunci dan tidak dapat di ubah kembali, cara satu-satunya  adalah dengan melapor ke operator Kabupaten untuk membuka kuncinya)

5. Setelah menyelesaikan langkah pada point ke 4, selanjutnya anda bisa mendownload dokumen "SURAT PERNYATAAN TANGGUNG JAWAB MUTLAK" atau sering kita singkat dengan SPJM bisa kita dowload dengan menggunakan tombol "Download PDF"

Contoh SPJM :

SPTJM - Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan (DHGTK)
Surat Pernyataaan Tanggung Jawab Mutlak - DHGTK

Dalam kasus diatas kami mencontohkan DHGTK Versi 2

1 comment:

Kami siap menerima kritik dan saran dari anda !