Header Ads

Tumbuhan Ini Sering Dijumpai Namun Nama Bahasa Alasnya Jarang Yang Tau

Tulisan ini kami maksudkan untuk memperkenalkan nama tumbuhan yang sering sekali kita temukan di sekitaran rumah kita, namun syangnya sebagai orang alas ( ukhang alas) kita tidak mengenal nama tumbuhan terbut dalam bahasa kita sendiri yakni bahasa alas.

sedikit teringat dengan data penelitian Unesco yang menyebutkan bahwa bahasa alas akan punah pada tahun 2055, kalau dilihat dari berbagai aspek di tengah memang kemungkinan besar data ini akan benar-benar terjadi bahkan banyak para ilmuan yang menyakini bisa jadi lebih cepat dari apa yang di perkirakan oleh Unesco tersebut, sejauh ini kita belum melihat adanya langkah serius dari pemerintah untuk menangani isu tersebut.

1. Gegabut

Gegabut

Ciri-ciri Gegabut
Tumbuhan ini hidup menjalar diatas tanah, bahkan sering menumpang di pohon lain juga, memiliki buah yang di lindungi oleh serabut kecil, ketika sudah tua buat tersebut akan berwarna kuning ke merah-merahan dan manis. sewaktu kecil kami juga sering menyebut buah ini mini markisah kareka ketika kita belah buah ini di dalamnya akan terdapat sejumlah biji yang kecil yang diselimuti cairan yang manis.

Khasiat Kesehatan
Untuk khassiat dari tanaman ini, kami belum mengetahui secara pasti, nanti setelah kami mengetahui hal ini maka kami kan melengkapi tulisan ini kembali.

2. Telatas





Ciri-ciri Telatas 
Daun Telatas ( Bulung Telatas ) juga biasa hidup tidak jauh dari pemukiman warga, tumbuhan ini memiliki pohon yang kuat, dan 

Khasiat Kesehatan
Tumbuhan ini dipercaya oleh masyarakat suku alas mampu mengobatan penyakit seperti Jejabe atau Jeja'mbe, dengan cara memetik daun telatas yang masih muda lalu masak dengan 10 liter air, air hasil perebusamn daun telatas tersebut di mandikan ke Penderita Jejabe ( Jeja'mbe : Ejaan Bahasa Alas ), lakukan hal tersebut setiap pagi dan petang insya Allah Jejabe kabur dari badan si penderita.


Tulisan ini masih dalam tahap penelitian terhadap tumbuhan yang lainnya jika masih ada kata dan konsep yang salah mohon maaf, jika teman-teman memiliki kritik dan saran silahkan tinggalkan di bilah komentar. 

3. Daun Jarak

Daun Jarak atau dalam bahasa alas di kenal dengan bulung Potik, memiliki beberapa khasiat diantaranya adalah mengobati perut kembung dan masuk angin, mengobati rematik, membantu merawat luka dan memar, mengatasi penyakit kulit ringan seperti gatal-gatal kudis dan kurap, serta mampu mengurangi rambut rontok ( Sumber : www.idntimes.com )





| Terima Kasih Telah Membaca Postingan ini dan                    |
| Jangan Lupa Untuk mengikuti Sosial Media Kami               |
| FB dan IG: @KutacaneOnline atau                                       |
| https://id-id.facebook.com/KutacaneOnline/                         |
|Youtube : Virgoboys ID                                                          |


No comments

Kami siap menerima kritik dan saran dari anda !